MEMBUAT DESIGN COVER BUKU

 


KELAS BELAJAR MENULIS GELOMBANG 18 , 7 Juni 2021. Tetap saya coba ikuti. Di sela persiapan majalah sekolah " Kharisma " yang deadline akhir bulan, persiapan wisuda on line yang ternyata lebih ribet daripada wisuda offline.  Di tambah penilaian Akhir Tahun dan Raport yang seminggu ini harus finish. Tetap simak dan ikuti. Setelah mengisi Quantum Al Qur'an di Omah Ngaji. Kalau yang lain bisa kenapa saya tidak? saya yakin beliau semua, juga lebih sibuk dari saya. 

Bersyukur, materi disampaikan lewat wa, saya bisa terus mengikuti dari awal meskipun terlambat.

Malam ini topiknya "MEMBUAT DESIGN COVER BUKU". Jujur  awalnya, saya agak iskal,  saya yakin, sebagian besar penulis, mungkin lebih menyerahkan design cover buku kepada ahlinya. Lalu kenapa topik ini juga dibahas di group belajar menulis. Sudahlah tetap simak saja. Kosongkan gelas pikiran.  Tokh  dalam keseharian saya cukup dekat dengan  aplikasi Canva (kebetulan sedang membahas Canva).

 Jujur template-template di Canva sangat membantu saya membuat flyer kegiatan kajian, diniyah, Taman Pendidikan Al Qur'an  atau pembelajaran Quantum Al Quran di Omah Ngaji  ( nama tempat Kegaitan Pembelajaran Al Qur'an di wilayah perumahan saya)  Kenapa pakai Canva?  ternyata saat dikemas dalam bentuk flyer. Sambutan masyarakat  luar biasa. Semakin banyak  yang ikut kegiatan-kegiatan di Omah Ngaji.  Jadilah hari-hari saya semakin sibuk. Alhamdulillah.

Namun, jujur saya katakan ada filosofis yang tidak saya tahu, maka  tidak saya gunakan apalagi  saya lakukan pada flyer saya.. Ada pada paparan materi Pak Ajinata. Monggo, silahkan baca sedikit lagi ulasan saya. 

Entah kenapa? mendadak saya seperti kesetrum. Beliau MUFLIHUUN, sungguh beruntung seorang yang ahli desain grafis plus penulis buku. Bukunya bukan kaleng-kaleng.  Perlu penguasaan ilmu , luas wawasan dan kaya data. Seperti yang disebutkan Bunda Aam, moderator yang lincah dan baik hati. Buku-buku Pak Ajinata, diantaranya adalah :

1. Membaca Politik Citra SBY. ( ini bukan tipe penulis pemula, yang biasanya lebih aman memilih tulisan yang naratif, bercerita tentang keseharian, daripada yang sifatnya dalil/norma)

2. Ragam Manusia ( Jujur saya penasaran banget, beliau nulis apa di dalamnya. Sebagai mantan mahasiswa  Aqidah Filsafat, pikiran saya sudah kemana-mana nich!)

3. Happy Ending Jokowi dan Prabowo ( Wow, saya suka mengikuti hubungan 2 pemimpin bangsa tersebut. Kira-kira di sisi apa yang beliau tulis, angel apa yang beliau pilih? penasaran!)

dan beberapa buku yang lain. Pak Aji bukan sekedar penulis. 

Pak Ajinata sungguh beruntung!

Kembali ke masalah desain. Coba  kita amati desain Pak Aji, desain seorang pakar !


LUAR BIASA, indah , pas dan elegant. Saya patut nyatakan itu, karena saya sering sekali membuat dan juga dibuatkan seorang  beberapa teman yang menurut saya cukup mahir di Canva daripada saya. Tapi desain  Pak Ajinata beda. Pantas sekali menjadi rujukan penulis untuk membuat desain cover buku. Coba lihat salah satu punya saya . Mohon tidak menahan tawa, sedikit nahan napas!
 

PEMULA VS PAKAR ...ha..ha..ha.

 Pak Aji, langsung komentar.  Masalahnya di warna. harus menggunakan taste. Yup ! betul itulah yang saya tidak punya. Disamping memang selama menganggap hanya sekedar bisa, biar dakwahnya laku saja. Saya tidak tahu bahwa desain tiu tidak sekedar tekhnik!

Namun hal yang paling menarik adalah bahwa membuat desain sebuah buku, HARUS MEMAHAMI  FILOSOFIS JUDULNYA. 
Oke, jawaban ini membuat saya clear, mengapa beliau juga seorang penulis buku yang " berat" . Beliau mampu menangkap simbol-simbol sebuat judul.  Lalu memaksimalkan dengan rasa dan intusi. Maka jadilah karya yang hebat. 

BRAVO Pak Ajinata!
Semoga berkenan komet!

Dari Bu Diyah, SANG GURU PEMBELAJAR. 


Komentar

  1. Bergizi bu resumenya siip👍👍

    BalasHapus
  2. Mantap.. Semangat terus bunda. Keterampilan akan nampak jika kita mengasahnya setiap hari. Sekarang masih amatir, siapa tau besok2 jd profesional. Semangat terus ya

    BalasHapus
  3. Terimakadih pak Syamsul Badri dan Bu Aam...

    BalasHapus
  4. Good job, Keep spirit. Lanjutkan!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBONGKAR RAHASIA MENULIS HINGGA MENERBITKAN BUKU

MATSAMA 2021-2022 : TUNJUKAN TARING (Tangkas dan Ringkas) dan TAMANmu (Tanggungjawab dan Iman) MELALUI DARING.

MENULIS BUKU MAYOR DALAM SEMINGGU