MENULIS BUKU NON FIKSI ALA BU IIN

         Sejak SD saya sudah senang dunia tulis menulis. Berbagai pelatihan sempat saya ikuti.  Namun bergabung dengan Belajar Menulis Gel 1. Seorang sahabat memberikan saya nomer Om Jay, maka di sinilah saya. Masya Allah, betul-betul mengena dan ringan di ikuti. Maksud saya begini. Jika yang lain menggunakan zoom ( atau yang sejenis) , maka di Belajar Menulis Gel. 1 , melalui wa. Wow !

        Awalnya  sempat bingung, karena masuk banyak gorup belajar menulis. Ah bingung ! coba undur diri, fokus di group yang masih nampak pembimbingan awal, gelombang  1. Aha! pas, sangat pas. sederhana dan unik. Cukup lewat  wa dan VN . Waktunya fleksible dan dasyatnya bisa di baca ulang lagi, lagi dan lagi. Kalau lewat zoom atau you tube tidaklah sejelas ini, sumpah!  Telinga ini jadi familiar dengan suara Bu Kanjeng, Bu Aam, mata ini sangat haus membaca tulisan Om Jay.  He..he..mungkin karena saya type pembelajar auditori 'nkali ya?

        Jum'at , 21 Mei 2021., pukul 19. 38 suara Bu Kanjeng  menyapa. Pembahasan di pandu Bu Ditta Widya  Utami, memperkenalkan nara sumber yang luar biasa ( benar saya sangat terkesan dengan beliau).  Ibu Musiin M, Pd. Salah satu penulis jebolan peserta menulis gelombang 8, yang bukunya sukses menembus penerbit mayor PT. Andi berkolaborasi dengan Prof. Ekoji. Wow! Charger ribuat watt bagi saya. 

        Semakin penasara nich, padahal saya posisi lagi keliling ke rumah saudara-saudara bapak. Sejak pagi tamu sudah berdatangan, siang lanjut keliling ke hampir 4 tempat saudara di seputar Malang. Baru masuk rumah menjelang malam. Alhamdulillah! materi lewat wa, memudahkan saya mengikuti terus saat kondisi memungkinkan. Jujur saja meski masih agak sedikit bingung. Simak terus!

        Menulis itu  gampang bro!! tunggu, tunggu,tunggu. Kalau gampang nich aku sudah  jadi penulis sejak dulu. NO! Bu Musiin, benar-benar menyuarakan hatiku . Menulis itu  bukanlah ketrampilan yang mudah.  Sulit! justru itu tantangannya. Maka ikuti kelas menulis, buat resume, maka akan lahir CINTA MENULIS. Oke Siap! Bismillah.

        Hati ini tercabik, "Menulis atau Lenyap". Nah pikirkan untuk menjadi penulis ikuti kelas menulis. Kenali 3 pola buku nonfiksi: Pola Hierarkis, Pola Prosedural dan Pola Klaster.  Bagi saya pola klaster deh lebih pas. Oke! Lalu gimana nich Bu Muhsiin? Segera menulsi. Tentukan tema, ide, jenis tulisan, kumpulkan bahan tulisan , seringlah bertukar pikiran, lakukan riset, susun kerangka tulisan. 

        Cari ide yang menarik, mungkin  pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, berita di media massa, perenungan dan sebagainya. Menarik, sederhana dan coba cari sisi yang unik. Bu Musiin beberkan  kerangka  buku beliau. Sulit dipercaya itu adalah kerangka penulis pemula. Luar biasa!

        Saat seorang peserta bertanya hambatan dan mengatasi rasa malas. Saya tahu, tidak ada lagi alasan. Displin , kemauan yang kuat  lalu KALAHKAN MUSUH TERBESARMU, diri sendiri!!


        

Komentar

  1. Terima kasih sudah mengerjakan tugasnya dengan baik

    BalasHapus
  2. Ayo belajar masukkan foto ya. Semangat terus menulis resumenya

    BalasHapus
  3. Sama2 om Jay, masih jauh . Masih tertatih tatih.
    Bu Aam..Saya belum menguasai otak atik blog. Masih terus coba. Terima kasih sudah singgah. Motivasi om jay n bu Aam , penting buat saya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBONGKAR RAHASIA MENULIS HINGGA MENERBITKAN BUKU

MATSAMA 2021-2022 : TUNJUKAN TARING (Tangkas dan Ringkas) dan TAMANmu (Tanggungjawab dan Iman) MELALUI DARING.

MENULIS BUKU MAYOR DALAM SEMINGGU